UPAYA GURU DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA/REMAJA

Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya

Authors

  • NUR WAHIB STAI AR-ROSYID SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.115

Keywords:

Upaya Guru dalam Menanggulangi, Kenakalan Remaja

Abstract

Remaja adalah masyarakat yang akan datang. Dapat di perkirakan bahwa gambaran kaum remaja sekarang adalah pencerminan masyarakat yang akan datang, baik buruknya bentuk dan susunan masyarakat, bangunan moral dan intelektual, dalam penghayatan ilmu agama, kesadaran kebangsaan, dan derajat kemajuan prilaku dan kepribadian antara sesama masyarakat yang akan datang tergantung kepada remaja sekarang, dan harapan dimasa yang akan datang terletak pada putra putrinya, sehingga hampir setiap orang berkeinginan agar putra putrinya kelak menjadi orang yang berguna.
Namun kenyataan telah menunjukkan bahwa perubahan zaman yang ditamdai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi selalu mengakibatkan perubahan sosial. Dalam menghadapi situasi yang demikian remaja sering kali memiliki jiwa yang sensitif, yang pada akhirnya tidak sedikit para remaja yang terjerumus ke hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai moral, norma agama, norma sosial dan norma hidup di masyarakat yang akhirnya remaja cenderung melakukan tindakan yang tidak pantas.
Bertitik tolak dari permasalahan tersebut diatas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang kenakalan remaja yang masih bersetatus siswa di MA. Ar-Rosyid Surabaya, mengingat betapa pentingnya peran remaja sebagai generasi muda bagi masa depan bangsa, untuk mengetahui bentu/jenis-jenis kenakalan, hal-hal yang menjadi penyebab kenakalan itu terjadi dan upaya guru agama dalam menanggulanginya.
Dalam pembahasan ini, jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus, sedangkan dalam pengumpulan data diperlukan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dan dalam menganalisa data yang terkumpul penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa bentuk/jenis-jenis kenakalan siswa MA. Ar-Rosyid Surabaya tergolong kenakalan ringan yang tidak sampai melanggar hukum. Dan hal-hal yang menjadi penyebab kenakalan siswa adalah karna pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru agama menggunakan upaya Preventif, represif, kuratif dan rehabilitasi.
Sedangkan untuk saran, penulis menyarankan kepada guru agama untuk meningkatkan kerja sama dengan sesama guru maupun pihak terkait dalam mengelolah pendidikan, pihak sekolah lebih meningkatkan pengawasan terhadap siswanya, adanya kerja sama antara guru, orang tua dan masyarakat. Untuk para siswa agar benar-benar menyiapkan mentalnya dalam mengahdapi arus globalisasi dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, 2001

Farchan, Arief, Pengantar penelitian dalam pendidikan, Bandung, 1983

Kartini Kartono, Patologi sosial 2 Kenakalan Remaja, CV. Rajawali, Jakarta. 1992

Kartini kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung, 1990

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, 1991

Muhammad Fu’ad Abdul Bahri, Lu’lu’ Wal marjan, Jakarta

Nurdin Samauna, Pengarug Globalisasi Terhadap Moral Remaja Sebagai Sumberdaya Manusia Dalam PJPT II, no,36/XII/oktober 1994

Suharsini, Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta

Sutrisno Hadi “ Metode Research 1” Tahun 1987

Sarlito Wirawan Sarwono, Psikologi Remaja . Rajawali Pres, Jakarta, 1991

Singgih Gunarsa, Y. Singgih Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta, 1986

Sarlito Wirawan Sarwono, Psikologi Remaja. Rajawali Pres, Jakarta, 1991

TAP MPR RI NO.I/MPR/2003, tentang pelaksanaan Pendidikan,bing.com

Winarno Surakhmad, Psikologi Pemuda, Jenmars, Bandung, 1997

Winarno Surakhmat, “ Pengantar Penelitian Ilmu Dan Metode Teknik ”, Tarsito, Bandung, 1990

Y. Singgih D. Gunarsa dan Singgih D. Gunarsa, Psikologi Remaja, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1990

Zakiah Daradjat,Kesehatan Mental,CV Mas Agung,Jakarta,1989

Zakiah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta, 1991

Zakiah Daradjat, Pembinaan Remaja, Bulan Bintang, Jakarta, 1982

Zakiah Daradjat, Peran Agama Dalam Kesehatan Mental, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1973

Additional Files

Published

2023-04-23

How to Cite

NUR WAHIB. (2023). UPAYA GURU DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA/REMAJA: Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 81–106. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.115

Issue

Section

Articles