Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • M. Munir Mansyur UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Teori Belajar Humanistik, Implementasi dalam Pendidikan Agama Islam, Metode Pembelajaran, Pengembangan Peserta Didik

Abstract

Artikel ini membahas tentang teori belajar humanistik dan implementasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Teori belajar humanistik menekankan aspek spiritual dan semangat dalam pembelajaran, melibatkan siswa sebagai subjek utama, dan menitikberatkan pada keunikan serta potensi individu. Dalam konteks pendidikan Agama Islam, penerapan teori humanistik mengacu pada konsep Student Centered Learning, Humanizing of the Classroom, Active Learning, Quantum Learning, dan The Accelerated Learning. Tujuan pendidikan humanistik dalam Pendidikan Agama Islam adalah mendorong siswa menjadi mandiri, kreatif, dan ingin tahu tentang dunia sekitarnya. Artikel ini menggunakan metode penelitian library research untuk menjelaskan dan menganalisis implementasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran PAI. Diharapkan artikel ini memberikan wawasan mendalam tentang penerapan teori humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan memberikan sumbangan positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang adaptif dan berorientasi pada pengembangan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Fifty Modern Thingkers on Educations, terjemahan Farid Assifa. Yogyakarta: IRCiSoD, 2006.

Amalia Lia. ”Teori Kepribadian”. Menjelajahi Diri dengan Teori Kepribadian Carl R. Rogers, Vol. 03, No. 01., 2013.

Arbayah. “Dinamika Ilmu”. Model Pembelajaran Humanistik. Vol. 13, No. 2., 2013.

Baharuddin dan Wahyuni Esa Nur. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2014.

El-Rais El Rais.. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Djiwandono Sri Esti Wuryani. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Grasindo, 2006.

Winkel W. S. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo, 1989.

Fitri Agus Zaenul. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. Bandung: Alvabeta, 2013.

Rachmawati, Tutik.dkk. Teori belajar dan Proses Pembelajaran yang mendidik. Yogyakarta: Gava Media, 2015.

Baharuddin dan Makin Moh. Pendidikan Humanistik: Konsep Teori, dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Darkir. Dasar-dasar Psikologi. Jakarta: Pustaka Pelajar, 1993.

Firdausi Al-Qur’an Mushhaf. Terjemahan Kemenag RI. Nurul Hidayat. Bandung, 2010.

Hall Calvin S. Dkk. Teori-teori Holistik (Organismik-Fenomenologis). Yogyakarta: Kanisius, 1993.

Haryu.”Psikologi Humanistik”. Aplikasi Psikologi Humanistik dalam Dunia Pendidikan di Indonesia, Vol. 01, No. 01, 2006.

Jamil Supriha. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Palmer Joy Masbur. “Teori Humanistik”. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Perspektif Abraham Maslow. Vol. 01, No. 01, 2015.

Maslow Abraham. Motivasi dan Kepribadian, alih bahasa: Nurul Iman. Bandung: Rosyda Karya, 1993.

Ministry of Religious Affairs of the Republic of Indonesia. Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Author, 2017.

Palmer, P. J. To Know as We Are Known: Education as a Spiritual Journey. San Francisco, CA: HarperOne, 1997.

Rachmahana Ratna Syifa’a. “Teori Humanistik”. 2008. Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikam. Vol. 1, No. 1.

Roger. Menjelajahi Diri dengan Keoribadian Carl R. Roger., Vol.03, No.01, 2012.

Suprijono Agus. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Syaodih Nana dkk. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Cet. IV, Remaja Rosdakarya, 2007.

Syarifuddin. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Vol. XVI, No. 01. 2011.

Tandjung, Zainal Arifin. Sejarah Singkat Filsafat Modern: dari Descartes sampai Wittgenstein. Jakarta: Pantja Simpati, 1984.

Additional Files

Published

2023-10-16

How to Cite

M. Munir Mansyur. (2023). Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(2). Retrieved from https://ejournal.staiarrosyid.ac.id/index.php/risda/article/view/147

Issue

Section

Articles