Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis Braille pada Siswa Tunanetra

Authors

  • Nur Rahayu Setyawati Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Menganti, Gresik
  • Mulyadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Menganti, Gresik

DOI:

https://doi.org/10.59355/risda.v5i2.45

Keywords:

Reading, Write, Blind

Abstract

This study aims to describe the teacher's role in fostering interest in reading and writing braille for blind students at Cerme Gresik State Elementary School. This study uses a qualitative research method with a case study approach. Data observation techniques with observation, interviews, and documentation. Data analysis technique using Miles and Huberman. Test the validity of the data by triangulation and adequacy of references. The results showed that in learning to read and write braille the teacher made plans by involving students in CSOM activities, training children's motor and touch, introducing children to braille, preparing lesson plans, doing literacy, and providing motivation. The implementation of reading and writing learning uses the lecture, discussion, question and answer method, BCM, drill, sorogan and assignments. Evaluate directly learning to read and write.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ramli. “Pembelajaran Dalam Prespektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran,” Lantanida Journal, Vol.4, No.1 (2016): 44, https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1866/1387

Arif, M., Kalimatusyaroh, M., & Setyawati, N. R. (2021). Optimalisasi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Huruf Braille Pada Siswa Tunanetra. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 38-57.

Arif Rifiana, Erlina. “Usaha eningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Internet dan E- Learning Sekolah,” Procceding, Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elekto (Yogyakarta, 12 September 2012), 139, http://repository.gunadarma.ac.id/775/1/Usaha%20Peningkatan%20Profesionalisme%20Guru_UG.pdf

Anggraeni, Rosmelina. “Bimbingan Keagamaan Bagi Anak Tunanetra Dalam Pelaksanaan Shalat Ibadah di Panti Rehabilitas Penyandang Cacat Netra Palembang (Studi Multi Kasus di Panti Rehabilitas Penyandang Cacat Netra Palembang),” Skripsi : UIN Raden Fatah Palembang, 2019.

Auliyana Sari, Novika. “Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar,” Jurnal Penddidikan, Vol.3, No.12 (2018): 1574, http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796/5604

Budiono, “Efektifitas Metode Drill Untuk Meningkatkan Pemahaman Menulis Huruf Hijaiyah Braille Melalui Papan Reglet Pada Siswa Tunanetra Kelas 2,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), Vol.2,

Budiono, Sjamsu ,dkk. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Mata (Surabaya: Airlangga University Press,2013), google books.

Damai Sagita Krissandi, Apri, dkk. Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD (Pendekatan dan Teknis) (Bekasi : Media Maxima), google books.

Diah Vitasari, Dinda. “Program Kekhususan OMSK (Orientasi Mobilitas Sosial dan Komunikasi) Dalam Mengembangkan Konsep Lingkungan Pada Anak Tunanetra Di SDLB Negeri Patrang Jember (Studi Kasus di SDLB Negeri Patrang Jember),” Skripsi. IAIN Jember, 2020.

Dianita, Leny. “Aplikasi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Braille Anak Tunanetra TKLB,” Jurnal Pendidikan Khusus, Vol.8, No.1 (2016) 6, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/14940/13516

Dwi , Selviana Rahma,”Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al- Quran Siswa Tunanetra (Studi Multisitus di SMPLB Bintara Campurdarat dan SMPLB Attahid Pakel Tulungagung),” Thesis : IAIN Tulungagung,2017.

Eri Takiyah, Rini. ”Impementasi Pedekatan Individual Dalam Pembelajaran PAI Bagi Siswa Tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Dan Asuhan (TPA) Patrang Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 (Studi Multi Kasus di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Patrang Jember),” Skripsi : IAIN Jember, 2016.

Ervan, Boby, dkk, “berjudul Pembelajaran Musik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPN 4 Payakumbuh,” Ejurnal SendratasikFBS Universitas Negeri Padang,Vol.2, No.1 (2013):21, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/article/view/2432/2044

Faruqi, Dwi. “Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas” Evaluasi, Vol.2, No.1 (2018): 307-308, file:///C:/Users/asus/Downloads/80-256-1-PB.pdf

Fauzidi, asri, dkk,”Presepsi Guru Terhadap Siswa Yang Berkesulitan Fungsional di SLB Negeri Gunung Gate Kabupaten Lombok Tengah” Progres Pendidikan, Vol.1,No.2(2020):76, http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/9/10

Geaji K, Mondeprie. “Gim Braille Interaktif Untuk Meningkatkan Interaksi dan Motivasi Belajar Siswa Tunanetra, menjelaskan bahwa di SLB A Yaketunis Yogyakarta (Studi Multi Kasus di SLB A Yaketunis Yogyakarta),” Skripsi: Universitas Islam Indonesia, 2020.

Hasanah, Roifatul. “Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII (MTS Hidayatun Nasyiin Pasrepan Pasuruhan),” Skripsi : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.

Hendro Wibowo, Doddy. “Penerapan Pengelompokan Siswa Berdasarkan Prestasi di Jenjang Sekolah Dasar,” Jurnal Psikologi Undip, Vol.14, No.2 (2015): 152, http://elibrary.stikeswilliambooth.ac.id/repository/10609-24098-1-SM.pdf

Hidayah, Ainul. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Awal Mengunakan Media Pasir Pada Siswa Kelompok A di Taman Kanak- Kanak Al- Falahiyah Lamongan (Studi Multi Kasus di Taman Kanak- Kanak Al- Falahiyah Lamongan),” Skripsi. UINSA surabaya, 2019.

Hidayati, Fidya, Tyas Agung Pribadi, “Pengembangan Media Audio Characteristics Of Organisem Song Educations (CHOSEN) Pada Pembelajaran IPA Biologi Di SMPLB-A (Tunanetra),” Unnes Journal Of Biology Education, Vol.3, No.2 (2014):159, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/4455/4110

Ibda, Hamidullah. Bahasa Indoneis Tingkat Lanjut Untuk Mahasiswa (Semarang : Pilar Nusantara, 2020), google books.

Idawati, Dede. Desain Kurikulum Fungsional Orientasi Mobilitas Sosial Dan Komunikasi Tunanetra Usia 7-8 Tahun, (Graha Indah Wisesa E II : CV Jakad Publishing Surabaya,2019), google books.

Isni Badiah, Lutfi, dkk. “Pelaksanaan Pembelajaran Braille Pada Siswa Tunanetra di Kelas di Taman Kanak- Kanak SLB A YPAB Surabaya” buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya, tahun XV, No.28 (2019): 198, http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/2234/1956

Juliansyah, Aris. “Komunikasi Antar Pribadi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa Tunanetra,” UMMI Jurnal Pengembangan Dan Penelitian Sains dan teknologi, Vol.14, No.1 (2020): 8, https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/ummi/article/view/871

Kirom, Askhabul. “Peran Guru dan Peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multi kultural,” Al- Murabbi, Vol.3, No.1 (2017), https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Kurniati,Ana. “Aplikasi Pendekatan Pembelajaran Individual Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Difabel Tunanetra di MAN Maguwoharjo,” Jurnal Citizenship, Vol.3, No.1 (2013):54, https://core.ac.uk/download/pdf/297936415.pdf

Kuswaroh, Siti, Nanik Setyowati, “Strategi Pengembangan dan Kepribadian di SMAN Olahraga Jawa Timur,” Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol.2, No.1 (2013):491, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/2659/1588

Laila Zulfa, Yuanita. “Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Tunanetra,” ALSUNIYAT, Vol.3, No.2 (2020): 163, https://ejournal.upi.edu/index.php/alsuniyat/article/view/26463/12890

Listyaningtyas, Ratih. “Pembelajaran Menulis Braille Dengan Reglet Pada Anak Tunanetra Kelas I SD di SLBNA Bandung,” Jurnal Unik, Vol.1, No.1 (2016): 82, https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK/article/view/3502/2598

Lutfi Fauziah, Mifthakul. “Komunikasi Interpersonal Guru dan Anak Tunanetra Dalam Mengenalkan Keaksaraan Awal di SLB A YKAB Surakarta (Studi Multi Kasus di SLB A YKAB Surakarta),” Skripsi : UN Semarang,2019.

Maftuhin, Muhammad dan A. Jauhar Fuad, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Bintara Campurdarat Tulungagung,” Journal an- nafs, Vol.3, No.1(2018): 84, https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/view/502/335

Malikhatun Magfiroh, Laili, dan Atip Nurharini, “Peran Guru Dalam Ekstrakulikuler Seni MusikUntuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Tunanetra” Joyful Learning Journal, Vol.7, No.14(2018): 87-88, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/25291/13249

Masyitoh, Siti. “Sistem Pembelajaran Agama Islam Dan Problematika Yang Dihadapi Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Tunanetra di SMPLB Wantuwirawan Tahun Pelajaran 2015/2016 (Studi Multi Kasus di SMPLB Wantuwirangan Salatiga),” Skripsi : IAIN Salatiga, 2015.

Maulidatul Mukaromah, Siti. “Pengembangan Modul IPA Braille Berbasis Integrasi Islam dan Sains di SLB A Yaketunis Yogyakarta,” INKLUSI Journal Of Disability Studies, Vol.V, No.2 (2018): 197, https://core.ac.uk/download/pdf/230918835.pdf

Mawardi, Pitalis. Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah Dan Best Practice (Pasuruhan : CV Penerbit Qiara Media), google books

Merinatul Hasanah, Yenny. “Metode Pembelajaran Shalat Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Negeri 1 Bantul,” KAHPI, Vol.1, No.1 (2019):11, http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kahpi/article/view/2909/2253

Mu’izatullah, “Efektifitas Diklat Guru Mata Pelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pndidikan di Madrasah,”Jurnal Al- Qalam, Vol.16, No.26(2010):13, file:///C:/Users/asus/Downloads/486-1552-1-SM.pdf

Neolaka, Amos, Grace Amialia A. Neolaka, Landasan Pendidikan. Depok : Kencana, 2017.

Nur Inah, Ety. “Peran Komunikasi dan Interaksi Guru dan Siswa,” Jurnal Al- Ta’dib, Vol.8, No.2 (2015): 150, file:///C:/Users/asus/Downloads/416-746-1-SM.pdf

Nur Jabbar, Prima. “Media Braille Pada Pembelajaran Piano Untuk Siswa Tunanetra Di SMPLB-A (YPAB) Surabaya” Jurnal Pendidikan Sendratasik, Vol.6, No.1(2017):13, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/22729/20838

Nur Rahmawati, Aisyah “Identifikasi Masalah Yang Dihadapi Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD” Indonesian Journal Of Primary Education, Vol.2, No.1 (2018):118-119, https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/14227/8206

Oktova Anggara Styaputra, Fahryzal ,Umi Saiful Ummah, “Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Tunanetra Melalui Puzzel Braille,” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, Vol.2, No.1 (2015):29, http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4327/2391

Olivia, Femmi. Mencetak Anak Brilian Dengan Metode Biowriting, ( Jakarta : Gramedia, 2016), google books.

Rahayu, Riri, dkk. “Penyelengaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Tunanetra Low Vision (Deskriptif Kualitatif di SMAN 3 Padang)” E-JUPEKhu, Vol.3, No.3 (2014): 11-12, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/3874/3108

Rani, Khairunnisa. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Penanganan Anak Baerkebutuhan Khusus,” Abadimas Adi Buana, Vol.2, No.1 (2018): 9, http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/abadimas/article/view/1636/1458

Risaldi, Luppi dkk, “Profil Tenik Guru Mengajarkan Sifat- Sifat Kubus, Balok, Tabung dan Bola Pada Siswa Tunanetra Kelas IV SDLB ABCD Muhammadiyah Palu,” aksioma, Vol.3, No.2 (2014), http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax/article/view/35.

Rismawati, B. V., Arif, M., & Mahfud, M. (2021). STRATEGI MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU KELAS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 59-77.

Rizki Saputri, Diaz. “Proses Pemebelajaran Seni Musik Bagi Anak Tunanetra,” Harmonia Journalof Arts Research and Education, Vol.13, No.1(2013): 42, https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/2531/2584

Rosmida, “Pembelajaran Tematik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra di Sekolah Prof. Dr.Sri Soedewi Maschjun Sofwan, SH Kota Jambi (Studi Multi Kasus di Sekolah Prof. Dr.Sri Soedewi Maschjun Sofwan, SH Kota Jambi),” Skripsi : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,2019.

Rudiyati, Sari. “Pembelajran Membaca dan Menulis Braille Pemulaan Pada Anak Tunanetra,” JASSI_Anakku, Vol.9, No.1 (2010): 60- 63, file:///D:/PROPOSAL%20SKRIPSI/scan0009.pdf

Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional ( Riau: PT. Indragiri.com,2019), google books.

Satria, Rani. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Braille Melalui Media Kartu Huruf Anak Tunanetra,” JUPEKKhu,Vol. 1, No.3 (2012):341, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/823/680

Sudana, I Made dkk, “Strategi Peningkatan Mutu Pelajaran Agama Hindu DI Sekolah Luar Biasa C Negeri Bangli,” Jurnal Penjaminan Mutu, Lembaga Penjaminan Mutu Institut Dharma Negeri Denpasar, Vol.4, No.2 (2018): 216, http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/575/487

Sulati, “Tekhnik Isyaba Solusi Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Tunaganda di SLBN Seduri Mojokerto,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.4, No.2 (2020): 173, http://www.trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JPGSD/article/view/686/372

Susanti, Linda. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Tunagrahita Di SLB AC Sidoarjo,” Jurnal Pendidikan Khusus, Vol.8, No.2 (2016):9, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/17023/15471

Sutarna, Nana. “Penerapan Metode Penugasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Peta Pada Siswa Sekolah Dasar.” Gea Jurnal Pendidikan Geografi, Vol.16, No.1 (2016):38, https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3466/2452

Tirta Gunawijaya, I Wayan dan Ni Ketut Tri Srilaksmi, “Hambatan Pembelajaran Agama Hindu Terhadap Siswa Tunanetra di Panti Mahatmia.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No.3 (2020): 517-518, https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/551/544

Toatin Rachmah, Faizatussofia. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunanetra di SLB Negeri Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019, menjelaskan bahwa di SDLB Negeri Wonogiri (Studi Multi Kasus di SDLB Negeri Wonogiri),” Skripsi : IAIN Surakarta, 2018.

Triaianawati, Eka dkk, “Penyediaan Bahan Bacaan Berupa Buku Saku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 5 Monterado,” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol.6, No.2 (2017): 228, https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/646/603

Triwiaty, Rikrik. Musjafak Assjari, “Program Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunanetra di SDLB Cimahi,” Jassi_anakku, Vol 18, No.2 (2017):55, https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/9697/5984

Widyaningtyas, Triyanna. “Aplikasi Pembelajaran Huruf Braille Berbasis Mobile Phone,” Tekno, Vol.18, No.2 (2012):62, http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/4123/3959

Winarto, Yuanita T, Totok Suharianto dkk, Karya Tulis Ilmiah Sosial, Menyiapkan, Menulis dan mencermatinya, (Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016), google books.

Yulyanti, Indri, Asep Ahmad Sopandi. “Pelaksanaan Pembelajaran Orientasi dan Mobilitas Bagi Anak Tunanetra di SLB Negeri 1 Bukittinggi.” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, Vol.7,No:2(2019):65, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/104562/102820

Yuniastuti, Ni Wayan dan Ida Bagus Putu Eka Suadnayana, “Model Layanan Pendidikan Agama Hindu Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pasca Erupsi Gunung Agung di SLBN Karangasem” Widyanataya,Vol. 1, No.2 (2019):39, https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyanataya/article/view/495/392

Downloads

Published

2021-10-26

How to Cite

Nur Rahayu Setyawati, & Mulyadi. (2021). Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis Braille pada Siswa Tunanetra. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 149–180. https://doi.org/10.59355/risda.v5i2.45

Issue

Section

Articles