Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis Braille pada Siswa Tunanetra
DOI:
https://doi.org/10.59355/risda.v5i2.45Keywords:
Reading, Write, BlindAbstract
This study aims to describe the teacher's role in fostering interest in reading and writing braille for blind students at Cerme Gresik State Elementary School. This study uses a qualitative research method with a case study approach. Data observation techniques with observation, interviews, and documentation. Data analysis technique using Miles and Huberman. Test the validity of the data by triangulation and adequacy of references. The results showed that in learning to read and write braille the teacher made plans by involving students in CSOM activities, training children's motor and touch, introducing children to braille, preparing lesson plans, doing literacy, and providing motivation. The implementation of reading and writing learning uses the lecture, discussion, question and answer method, BCM, drill, sorogan and assignments. Evaluate directly learning to read and write.
Downloads
References
Abdullah, Ramli. “Pembelajaran Dalam Prespektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran,” Lantanida Journal, Vol.4, No.1 (2016): 44, https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1866/1387
Arif, M., Kalimatusyaroh, M., & Setyawati, N. R. (2021). Optimalisasi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Huruf Braille Pada Siswa Tunanetra. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 38-57.
Arif Rifiana, Erlina. “Usaha eningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Internet dan E- Learning Sekolah,” Procceding, Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elekto (Yogyakarta, 12 September 2012), 139, http://repository.gunadarma.ac.id/775/1/Usaha%20Peningkatan%20Profesionalisme%20Guru_UG.pdf
Anggraeni, Rosmelina. “Bimbingan Keagamaan Bagi Anak Tunanetra Dalam Pelaksanaan Shalat Ibadah di Panti Rehabilitas Penyandang Cacat Netra Palembang (Studi Multi Kasus di Panti Rehabilitas Penyandang Cacat Netra Palembang),” Skripsi : UIN Raden Fatah Palembang, 2019.
Auliyana Sari, Novika. “Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar,” Jurnal Penddidikan, Vol.3, No.12 (2018): 1574, http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796/5604
Budiono, “Efektifitas Metode Drill Untuk Meningkatkan Pemahaman Menulis Huruf Hijaiyah Braille Melalui Papan Reglet Pada Siswa Tunanetra Kelas 2,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), Vol.2,
Budiono, Sjamsu ,dkk. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Mata (Surabaya: Airlangga University Press,2013), google books.
Damai Sagita Krissandi, Apri, dkk. Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD (Pendekatan dan Teknis) (Bekasi : Media Maxima), google books.
Diah Vitasari, Dinda. “Program Kekhususan OMSK (Orientasi Mobilitas Sosial dan Komunikasi) Dalam Mengembangkan Konsep Lingkungan Pada Anak Tunanetra Di SDLB Negeri Patrang Jember (Studi Kasus di SDLB Negeri Patrang Jember),” Skripsi. IAIN Jember, 2020.
Dianita, Leny. “Aplikasi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Braille Anak Tunanetra TKLB,” Jurnal Pendidikan Khusus, Vol.8, No.1 (2016) 6, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/14940/13516
Dwi , Selviana Rahma,”Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al- Quran Siswa Tunanetra (Studi Multisitus di SMPLB Bintara Campurdarat dan SMPLB Attahid Pakel Tulungagung),” Thesis : IAIN Tulungagung,2017.
Eri Takiyah, Rini. ”Impementasi Pedekatan Individual Dalam Pembelajaran PAI Bagi Siswa Tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan Dan Asuhan (TPA) Patrang Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 (Studi Multi Kasus di SLB-A Taman Pendidikan Asuhan (TPA) Patrang Jember),” Skripsi : IAIN Jember, 2016.
Ervan, Boby, dkk, “berjudul Pembelajaran Musik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPN 4 Payakumbuh,” Ejurnal SendratasikFBS Universitas Negeri Padang,Vol.2, No.1 (2013):21, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/article/view/2432/2044
Faruqi, Dwi. “Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas” Evaluasi, Vol.2, No.1 (2018): 307-308, file:///C:/Users/asus/Downloads/80-256-1-PB.pdf
Fauzidi, asri, dkk,”Presepsi Guru Terhadap Siswa Yang Berkesulitan Fungsional di SLB Negeri Gunung Gate Kabupaten Lombok Tengah” Progres Pendidikan, Vol.1,No.2(2020):76, http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/9/10
Geaji K, Mondeprie. “Gim Braille Interaktif Untuk Meningkatkan Interaksi dan Motivasi Belajar Siswa Tunanetra, menjelaskan bahwa di SLB A Yaketunis Yogyakarta (Studi Multi Kasus di SLB A Yaketunis Yogyakarta),” Skripsi: Universitas Islam Indonesia, 2020.
Hasanah, Roifatul. “Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII (MTS Hidayatun Nasyiin Pasrepan Pasuruhan),” Skripsi : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.
Hendro Wibowo, Doddy. “Penerapan Pengelompokan Siswa Berdasarkan Prestasi di Jenjang Sekolah Dasar,” Jurnal Psikologi Undip, Vol.14, No.2 (2015): 152, http://elibrary.stikeswilliambooth.ac.id/repository/10609-24098-1-SM.pdf
Hidayah, Ainul. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Awal Mengunakan Media Pasir Pada Siswa Kelompok A di Taman Kanak- Kanak Al- Falahiyah Lamongan (Studi Multi Kasus di Taman Kanak- Kanak Al- Falahiyah Lamongan),” Skripsi. UINSA surabaya, 2019.
Hidayati, Fidya, Tyas Agung Pribadi, “Pengembangan Media Audio Characteristics Of Organisem Song Educations (CHOSEN) Pada Pembelajaran IPA Biologi Di SMPLB-A (Tunanetra),” Unnes Journal Of Biology Education, Vol.3, No.2 (2014):159, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/4455/4110
Ibda, Hamidullah. Bahasa Indoneis Tingkat Lanjut Untuk Mahasiswa (Semarang : Pilar Nusantara, 2020), google books.
Idawati, Dede. Desain Kurikulum Fungsional Orientasi Mobilitas Sosial Dan Komunikasi Tunanetra Usia 7-8 Tahun, (Graha Indah Wisesa E II : CV Jakad Publishing Surabaya,2019), google books.
Isni Badiah, Lutfi, dkk. “Pelaksanaan Pembelajaran Braille Pada Siswa Tunanetra di Kelas di Taman Kanak- Kanak SLB A YPAB Surabaya” buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya, tahun XV, No.28 (2019): 198, http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/2234/1956
Juliansyah, Aris. “Komunikasi Antar Pribadi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa Tunanetra,” UMMI Jurnal Pengembangan Dan Penelitian Sains dan teknologi, Vol.14, No.1 (2020): 8, https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/ummi/article/view/871
Kirom, Askhabul. “Peran Guru dan Peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multi kultural,” Al- Murabbi, Vol.3, No.1 (2017), https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893
Kurniati,Ana. “Aplikasi Pendekatan Pembelajaran Individual Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Difabel Tunanetra di MAN Maguwoharjo,” Jurnal Citizenship, Vol.3, No.1 (2013):54, https://core.ac.uk/download/pdf/297936415.pdf
Kuswaroh, Siti, Nanik Setyowati, “Strategi Pengembangan dan Kepribadian di SMAN Olahraga Jawa Timur,” Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol.2, No.1 (2013):491, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/2659/1588
Laila Zulfa, Yuanita. “Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Tunanetra,” ALSUNIYAT, Vol.3, No.2 (2020): 163, https://ejournal.upi.edu/index.php/alsuniyat/article/view/26463/12890
Listyaningtyas, Ratih. “Pembelajaran Menulis Braille Dengan Reglet Pada Anak Tunanetra Kelas I SD di SLBNA Bandung,” Jurnal Unik, Vol.1, No.1 (2016): 82, https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK/article/view/3502/2598
Lutfi Fauziah, Mifthakul. “Komunikasi Interpersonal Guru dan Anak Tunanetra Dalam Mengenalkan Keaksaraan Awal di SLB A YKAB Surakarta (Studi Multi Kasus di SLB A YKAB Surakarta),” Skripsi : UN Semarang,2019.
Maftuhin, Muhammad dan A. Jauhar Fuad, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Bintara Campurdarat Tulungagung,” Journal an- nafs, Vol.3, No.1(2018): 84, https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/view/502/335
Malikhatun Magfiroh, Laili, dan Atip Nurharini, “Peran Guru Dalam Ekstrakulikuler Seni MusikUntuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Tunanetra” Joyful Learning Journal, Vol.7, No.14(2018): 87-88, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/25291/13249
Masyitoh, Siti. “Sistem Pembelajaran Agama Islam Dan Problematika Yang Dihadapi Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Tunanetra di SMPLB Wantuwirawan Tahun Pelajaran 2015/2016 (Studi Multi Kasus di SMPLB Wantuwirangan Salatiga),” Skripsi : IAIN Salatiga, 2015.
Maulidatul Mukaromah, Siti. “Pengembangan Modul IPA Braille Berbasis Integrasi Islam dan Sains di SLB A Yaketunis Yogyakarta,” INKLUSI Journal Of Disability Studies, Vol.V, No.2 (2018): 197, https://core.ac.uk/download/pdf/230918835.pdf
Mawardi, Pitalis. Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah Dan Best Practice (Pasuruhan : CV Penerbit Qiara Media), google books
Merinatul Hasanah, Yenny. “Metode Pembelajaran Shalat Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Negeri 1 Bantul,” KAHPI, Vol.1, No.1 (2019):11, http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kahpi/article/view/2909/2253
Mu’izatullah, “Efektifitas Diklat Guru Mata Pelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pndidikan di Madrasah,”Jurnal Al- Qalam, Vol.16, No.26(2010):13, file:///C:/Users/asus/Downloads/486-1552-1-SM.pdf
Neolaka, Amos, Grace Amialia A. Neolaka, Landasan Pendidikan. Depok : Kencana, 2017.
Nur Inah, Ety. “Peran Komunikasi dan Interaksi Guru dan Siswa,” Jurnal Al- Ta’dib, Vol.8, No.2 (2015): 150, file:///C:/Users/asus/Downloads/416-746-1-SM.pdf
Nur Jabbar, Prima. “Media Braille Pada Pembelajaran Piano Untuk Siswa Tunanetra Di SMPLB-A (YPAB) Surabaya” Jurnal Pendidikan Sendratasik, Vol.6, No.1(2017):13, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/22729/20838
Nur Rahmawati, Aisyah “Identifikasi Masalah Yang Dihadapi Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD” Indonesian Journal Of Primary Education, Vol.2, No.1 (2018):118-119, https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/14227/8206
Oktova Anggara Styaputra, Fahryzal ,Umi Saiful Ummah, “Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Tunanetra Melalui Puzzel Braille,” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, Vol.2, No.1 (2015):29, http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4327/2391
Olivia, Femmi. Mencetak Anak Brilian Dengan Metode Biowriting, ( Jakarta : Gramedia, 2016), google books.
Rahayu, Riri, dkk. “Penyelengaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Tunanetra Low Vision (Deskriptif Kualitatif di SMAN 3 Padang)” E-JUPEKhu, Vol.3, No.3 (2014): 11-12, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/3874/3108
Rani, Khairunnisa. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Penanganan Anak Baerkebutuhan Khusus,” Abadimas Adi Buana, Vol.2, No.1 (2018): 9, http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/abadimas/article/view/1636/1458
Risaldi, Luppi dkk, “Profil Tenik Guru Mengajarkan Sifat- Sifat Kubus, Balok, Tabung dan Bola Pada Siswa Tunanetra Kelas IV SDLB ABCD Muhammadiyah Palu,” aksioma, Vol.3, No.2 (2014), http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax/article/view/35.
Rismawati, B. V., Arif, M., & Mahfud, M. (2021). STRATEGI MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU KELAS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 59-77.
Rizki Saputri, Diaz. “Proses Pemebelajaran Seni Musik Bagi Anak Tunanetra,” Harmonia Journalof Arts Research and Education, Vol.13, No.1(2013): 42, https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/2531/2584
Rosmida, “Pembelajaran Tematik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra di Sekolah Prof. Dr.Sri Soedewi Maschjun Sofwan, SH Kota Jambi (Studi Multi Kasus di Sekolah Prof. Dr.Sri Soedewi Maschjun Sofwan, SH Kota Jambi),” Skripsi : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,2019.
Rudiyati, Sari. “Pembelajran Membaca dan Menulis Braille Pemulaan Pada Anak Tunanetra,” JASSI_Anakku, Vol.9, No.1 (2010): 60- 63, file:///D:/PROPOSAL%20SKRIPSI/scan0009.pdf
Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional ( Riau: PT. Indragiri.com,2019), google books.
Satria, Rani. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Braille Melalui Media Kartu Huruf Anak Tunanetra,” JUPEKKhu,Vol. 1, No.3 (2012):341, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/823/680
Sudana, I Made dkk, “Strategi Peningkatan Mutu Pelajaran Agama Hindu DI Sekolah Luar Biasa C Negeri Bangli,” Jurnal Penjaminan Mutu, Lembaga Penjaminan Mutu Institut Dharma Negeri Denpasar, Vol.4, No.2 (2018): 216, http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/575/487
Sulati, “Tekhnik Isyaba Solusi Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Tunaganda di SLBN Seduri Mojokerto,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.4, No.2 (2020): 173, http://www.trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JPGSD/article/view/686/372
Susanti, Linda. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Tunagrahita Di SLB AC Sidoarjo,” Jurnal Pendidikan Khusus, Vol.8, No.2 (2016):9, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/17023/15471
Sutarna, Nana. “Penerapan Metode Penugasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Peta Pada Siswa Sekolah Dasar.” Gea Jurnal Pendidikan Geografi, Vol.16, No.1 (2016):38, https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3466/2452
Tirta Gunawijaya, I Wayan dan Ni Ketut Tri Srilaksmi, “Hambatan Pembelajaran Agama Hindu Terhadap Siswa Tunanetra di Panti Mahatmia.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No.3 (2020): 517-518, https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/551/544
Toatin Rachmah, Faizatussofia. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunanetra di SLB Negeri Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019, menjelaskan bahwa di SDLB Negeri Wonogiri (Studi Multi Kasus di SDLB Negeri Wonogiri),” Skripsi : IAIN Surakarta, 2018.
Triaianawati, Eka dkk, “Penyediaan Bahan Bacaan Berupa Buku Saku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 5 Monterado,” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol.6, No.2 (2017): 228, https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/646/603
Triwiaty, Rikrik. Musjafak Assjari, “Program Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunanetra di SDLB Cimahi,” Jassi_anakku, Vol 18, No.2 (2017):55, https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/9697/5984
Widyaningtyas, Triyanna. “Aplikasi Pembelajaran Huruf Braille Berbasis Mobile Phone,” Tekno, Vol.18, No.2 (2012):62, http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/4123/3959
Winarto, Yuanita T, Totok Suharianto dkk, Karya Tulis Ilmiah Sosial, Menyiapkan, Menulis dan mencermatinya, (Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016), google books.
Yulyanti, Indri, Asep Ahmad Sopandi. “Pelaksanaan Pembelajaran Orientasi dan Mobilitas Bagi Anak Tunanetra di SLB Negeri 1 Bukittinggi.” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, Vol.7,No:2(2019):65, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/104562/102820
Yuniastuti, Ni Wayan dan Ida Bagus Putu Eka Suadnayana, “Model Layanan Pendidikan Agama Hindu Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pasca Erupsi Gunung Agung di SLBN Karangasem” Widyanataya,Vol. 1, No.2 (2019):39, https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyanataya/article/view/495/392
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nur Rahayu Setyawati, Mulyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.