Tantangan dan Peluang Bahasa Arab di Indonesia

Authors

  • Misbakhus Surur STAI AR-ROSYID SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.59355/risda.v6i2.90

Keywords:

Tantangan, Peluang, Bahasa Arab, Indonesia

Abstract

Bahasa Arab yang merupakan Bahasa yang sudah tua jarang dikaji tentang prospek dan progres kedepan terutama di Indonesia.Bahasa Arab merupakan media pembelajaran dan komunikasi yang mempunyai hubungan signifikan Islam. Bahasa Arab sudah di pelajari sejak Islam berada di Indonesia. Pada pengajar Bahasa Arab memang selama ini belum sampai mengfungsikan Bahasa Arab sebagai disiplin ilmu yang perlu dikembangkan melalui riset dan kajian secara kritis.Padahal Bahasa Arab mempunyai Prospek yang baik dan menjanjikan bagi pengajar dan praktisibahasaArabdimasadepan.Kemahiran dalam berbahasa Arab yang kompetitif di era industry 5.0 ini yang ditargetkan juga perlu membenahi kurikulum sebagai bagian dari epistemology keilmuan dan itu harus mengerahkan semua pihak yang berkepentingan untuk bersinergi menyatukan arah kebijakan dan pengembangan berbasis kajian akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Wahab, Muhbib, Quo Vadis Pendidikan Bahasa Arab di EraGlobalisasi,Makalah disampaikan dalam Seminar Sehari BEMJPBA FITK UINJakarta,29 Mei2006.

Abu Zaid, Nashr Hamid,Mafhum al-Nashsh:DirasatfiUlumal-Qur’an, Kairo:al-Hai’ahal-Mishriyyahal-‘Ammah li al-Kitab,1993.

Ansori, Imam, Menuju Kurikulum PSPBA yang Kompetitif di Era Global,dalamdalamDudungRahmatHidayat danYayanNurbayan(Ed.)

al-Dakhil, Hamd ibn Nashir, Maqalat wa Âra’ fi al-Lughah al-‘Arabiyyah, Riyadh:Maktabahal-Malik Fahdal-Wathaniyyah,1994, Cet.IV.

Emzir, ―Kebijakan Pemerintah tentang Pengajaran Bahasa Arab di MadrasahdanSekolahUmum,dalamDudungRahmatHidayatdanYayanNurbayan (Ed.), Seminar Internasional Bahasa Arab dan Sastra Islam:KurikulumdanPerkembangannya,Bandung:UINBandung,2007.

Hassân,Tammâm,al-Lughahal-‘Arabiyyah:Ma’nâhâwaMa’nâhâ,Kairo:al-Haiah al-Mishriyyahal-‗Ammah lial-Kitâb, Cet.III, 1985.

Hassân,Tammâm, Ijtihâdât Lughawiyyah,Kairo:‗Âlam al-Kutub,2007.

Hijâzî,MahmûdFahmî, al-Lughahal-‘Arabiyyahfial-‘Ashral-Hadîts: QadhâyâwaMusykilât,Kairo: DârQubâ‘, Cet.I,1998.

al-Jîlânî,IbrâhîmBadawî,‘Ilmal-Tarbiyah waFadhlal-‘Arabiyyah‘alaal-Lughât,Kairo:al-Maktabal-‗Arabilial-Ma‘ârif, 2000.

al-Khûlî,Amîn,Manâhijal-Tajdîdfial-Nahwiwaal-Balâghahwaal-Tafsîrwaal-Adab,Kairo: Dâral-Ma‘ârif, Cet.I, 1961.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Surur, M. . (2022). Tantangan dan Peluang Bahasa Arab di Indonesia. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 174–182. https://doi.org/10.59355/risda.v6i2.90

Issue

Section

Articles