Problematika Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Moh. Solehuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Ar-Rosyid, Surabaya
  • Nur Wahib Sekolah Tinggi Agama Islam Ar-Rosyid, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59355/risda.v5i2.41

Keywords:

Problematics, Learning, Online

Abstract

The outbreak of the Covid-19 corona virus has greatly changed teaching and learning activities which usually take place face-to-face. Even so, this pandemic was able to accelerate education 4.0..This phenomenon is rife in the world of education during the Covid-19 pandemic, in almost all schools and madrasas. Before the Covid-19 Pandemic, the learning system at this school was carried out face-to-face or directly, although sometimes it also used ICT to support teaching and learning activities so that they were more varied and create a comfortable and fun learning atmosphere, but after the Covid-19 pandemic occurred the The school implements online teaching and learning activities as a preventive effort so that all students and teachers who teach at this school are not exposed to Covid-19. There are several kinds of applications used in this school, including WAG, Hangout, Google Classroom, Zoom and so on

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhi, Ginanjar, “Ruang Lingkup”, dalam https://www.triven.com (30 Agustus 2020)

Admin “Pembelajaran daring dan Luring, Ciri-ciri dan pengertiannya, dalam, http/www.amongguru.com (15 Juni 2020)

Aji, Rizqon Halal Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran”, Sosial & Budaya Syar’i Vol. 7 No. 5 (2020)

Anugrahana, Andri, “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar”, Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, (September 2020)

Apriliana, Nur Millati Aska Sekha,”Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas IV MI Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang”, (Skripsi,IAIN,Salatiga, 2020)

Damopoli, Mujahid, ”Problematika Pendidikan Islam dan Upaya Pemecahannya”, Nasional Manajemen Pendidikan Islam”, Vol. 3, No.3, (2015)

Dokumentasi, Profil Pondok Pesantren Al-Aqobah, Jombang,

Echols, John M., dan Shadily, Hassan, Kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 2000)

Eko, Retno, Wawancara, Jombang, 18 November 2020

Farhana, Karla, “Memahami Arti Daring Dan Luring, Cari Tahu Bedanya Disini”, https://www.fimela.com (30 Agustus 2020)

Fathurrozi, wawancara, Jombang, 17 November 2020

Fikri, Akhmad Kanzul, M.Pd., Wawancara, Jombang, November 2020

Handarini, Oktafia Ika, & Sriwulandari, Siti, “Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study from Home ( SFH) selama pandemic Covid-19”, Pendidikan Adminitrasi Perkantoran (JPAP),Vol. 8, No. 3, 2020.

Hasanul, Rizqa, “ Apa itu Ilmu Ushul Fikih?” , dalam www.republika.go.id (14 Agustus 2019).

Ichsan, M., Irawan, R., ”Rancang Bangun Pendidikan Daring Pada MTS Negeri 2 Palangkaraya”, Fatma, Vol. 4, No. 2 ( 2016)

Ika, “Membedah Tantangan Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemic Covid-19 “, Umum 13 Juni 2020 UGM

Imani, Umniati Nibras, “Problematika Pendidikan”, dalam https://www.kompasiana.com/nbrsimani (30 Agustus 2020)

Indonesia, Allianz,”Yuk,Pahami Lebih Jelas Arti Pandemi pada Covid-19”,dalam https://www.allianz.co.id/explore (30 Agustus 2020)

Indonesia, Republik, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional.

Jehamu, Philipus, “Dilema pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Masa Pandemik Covid-19”, dalam https://www.bernasnews.com/ ( 30 Agustus 2020)

Kurniawan, Ganda Febri, “Problematika Pembelajaran Sejarah Dengan Sistem Daring”, Diakronika, Vol. 20, No. 2, (2020).

Kurniawan, Ganda Febri, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19”, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 8, No. 3, (2020).

Lestari, Alya Nurazkia, “Ilmu Fikih Beserta Cakupannya”, dalam https://www. https://www.kompasiana.com/alyanurazkialestari7381 (30 Agustus 2020)

Mulyono, Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011).

Nadia, “Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Pada Era Covid-19”, Sosial Budaya Syar’i, (Juli 2020).

Nurdin, Cahyadi, S. Kom,”Pengaruh Corona terhadap Dunia Pendidikan”, dalam http/www.disdikab.purwakarta.go.id (17 Mei 2020)

Purwanti, Iin, Wawancara, Jombang, 20 November 2020

Purwanto, Agus, dkk, Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajarn Online di Sekolah Dasar, Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan, Vol.2 No. 1 (2020).

Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005).

Putria, Hilna, dkk, “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID19 pada Guru Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, Vol. 4, No. 4, (2020).

Ramdhani, Muhammad Tri, dan Ramlah, Siti, ” Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sdn-3 Telangkah Desa Hampalit Kabupaten Katingan”, Jurnal Hadratul Madaniyah, Vol. 2, No. 2, (Desember 2015).

Rigianti, Henry Aditia, “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara”, Elementary school, Vol. 7, No. 2 (Juli 2020).

Rosali, Ely Satiyasih, ”Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya”,Geography Science Education,Vol. 1, No. 1,(Juni 2020).

Rukajat, Ajat, Pendekatan Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Deepublishe, 2018)

Sadikin, Ali, Hamidah, Afreni, ”Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”, Ilmiah Ilmu Biologi Vol. 6, No. 02 (2020)

Saebani, Beni Ahmad, dan Januri, Fiqh Ushul Fiqh, (Bandung: Pustaka Setia, 2008).

Setiawan, M. Andi, Belajar dan Pengajaran, (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2014).

Downloads

Published

2021-10-26

How to Cite

Moh. Solehuddin, & Nur Wahib. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 75–95. https://doi.org/10.59355/risda.v5i2.41

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)