Manajemen Sekolah Ramah Anak Dalam Pencegahan Kekerasan Anak Usia Dini Holistik Integratif El-Fath Sumenep

Authors

  • Nurul Sugiyati Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Indonesia
  • Romi Siswanto Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59355/bhin.v1i1.94

Abstract

The purpose of publishing this article is to describe the management of a child-friendly school in El-Fath Sumenep Holistic Integrative PAUD which starts at the stages of planning, organizing, implementing, supervising, evaluating and the role of school principals, teachers, parents, and outsiders in the friendly school program. child. This study uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the research conducted at the planning stage were to make indicators for the implementation of child-friendly schools listed in the eight national education standards. The organizing stage is to form a child-friendly school implementation team. At the implementation stage are learning activities outside the classroom as a form of child-friendly learning. Supervision of child-friendly schools is carried out regularly by teachers and school principals for all school activities. The principal's role is to make arrangements for child-friendly school programs, teachers play a role in fostering and accompanying child-friendly school programs, parents play a role in supporting and participating in child-friendly school activities, and outsiders play the role of members of outreach regarding child-friendly schools.

References

Al-Fandi, H. 2011. Desain pembelajaran yang demokratis & humanis. Ar-Ruzz Media.

Al Qur’an Al Karim, 3: 159.

Chatib, Munif. 2010. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa.

Damanik, H. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tentang Sekolah Ramah Anak pada Mata Kuliah Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera.

Depdiknas. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaan, 2007

Hajroh, Mami. 2017. Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Handoko, Hani. 2011. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Iskandar. 2018. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kesadaran Ekologi Di SMA Model Negeri 3 Palu Sulawesi Tengah. Jurnal Paedogegia. Vol. 7 No. 1.

Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Volume 3 Nomor 2, Juni 2020, hal 192-198

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Deputi Tumbuh kembang anak, Panduan Sekolah Ramah Anak, 2015, h. 15. Kurniawan dkk, Menejemen Sekolah Ramah Anak,hal 193

Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Observasi dilakukan pada tanggal 21-24 september 2021 PAUD H.I El-Fath Peroleh Penghargaan Sekolah Ramah Anak”, Radar Madura tanggal 29 September 2019

Peraturan Menteri Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No. 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak.

Pedoman Sekolah Ramah Anak, Deputi Tumbuh Kembang Anak. Asdep Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan, Kreativitas dan Budaya, 2020, Hal. 2 Profil PAUD H.I El-Fath Tahun 2020/2021.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019.

Rofi’ah, Proses Pembelajaran Ramah Anak, 2015: 69

Sekolah Ramah Anak di Indonesia”, berita satu.com, Tanggal 20 Desember 2016.

Sholeh, Asrorun Ni’am. 2016. Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Erlangga.

Sholeh, M. Asrorun Ni’am dan Lutfi Humaidi. 2016. Panduan Madrasah dan Madrasah Ramah Anak. Jakarta : Erlangga.

Shulhan, Muwahid dan Soim. 2013. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Teras.

Slamet Sugianto, dkk. 2019. Manajemen Sekolah Adiwiyata Di SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 8, No. 1.

Sulastri, Lilis. 2014. Manajemen Sebuah Pengantar. Bandung: La Goods Publishing.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003: 7

Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Utari, Ranti Eka. 2016. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tempuran Kab Magelang. Skripsi.

Wawancara dengan Direktur PAUD H.I El-Fath, 07 September 2021

Yamin , Moh. 2009. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

https://kbbi.kemendikbud.go.id/ Diakses pada tanggal 27 Agustus 2021.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Sugiyati, N. ., & Siswanto, R. . (2023). Manajemen Sekolah Ramah Anak Dalam Pencegahan Kekerasan Anak Usia Dini Holistik Integratif El-Fath Sumenep. BHINNEKA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 75–82. https://doi.org/10.59355/bhin.v1i1.94