REMEDIAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN QUR'AN HADITS

Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya

Authors

  • Misbakhus Surur STAI AR-ROSYID SURABAYA

Keywords:

Remidial Teaching, Qur'an Hadits, Prestasi Belajar

Abstract

Dalam usaha meningkatkan proses pembelajaran khususnya kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau yang memerlukan bantuan dalam mempelajari suatu pelajaran Agama dalam Kurikulum Merdeka Belajar dicantumkan pada Pendidikan Agama Islam yang salah satunya mata pelajarannya adalah Qur’an Hadits yang berisi tentang pemahaman tentang kaidah-kaidah ilmu Tajwid bacaan Al-Qur’an dan Hadits-Hadits pilihan yang menjadi materi dalam pelajaran di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya sebagai lembaga pendidikan yang tetap ingin meningkatkan kualitas keilmuan dan belajar siswa dan peran serta dari semua pihak. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pihak kurikulum adalah meningkatkan program Remedi dan Pengayaan sebagai usaha meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada siswa kelas 10 dan 11 yang telah menerapkan program remedi pada Mata pelajaran Qur’an Hadits. Jadi dalam hal ini guru berperan aktif dalam meningkatkan proses pembelajaran dalam menghasilkan siswa yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh guru. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengambil judul: Remedial Teaching dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata pelajaran Qur’an Hadits (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya)
Berdasarkan latar belakang diatas,maka permasalahan yang ingindiangkatyaitu bagaimana pelaksanaan Remedial Teaching pada mata pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya, Faktor-faktor apa yang menghambat pelaksanaan Remedial Teaching pada Mata pelajaran Qur’an Hadits dan Usaha-usaha yang ditempuh oleh guru mata Mata pelajaran Qur’an Hadits dalam mengatasi faktor yang menghambat pelaksanaan Remedial Teaching pada mata pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya.
Penelitian terhadap Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar ini, dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan konsep Remedial Teaching di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya. Dengan tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Analisa deskriptif merupakan alat analisa untuk menggambarkan bagaimana obyek penelitian, yaitu pelaksanaan Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka proses analisa data dilakukan langkah sebagai berikut: pertama, reduksi data yaitu pemilihan, pemusatan data “kasar” yang diperoleh dari lapangan agar data yang diperoleh valid, kedua penyajian data yaitu mengumpulkan informasi yang diperoleh dengan memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. ketiga, verifikasi yaitu penarikan kesimpulan yang merupakan analisis data puncak.
Dengan menggunakan metode penelitian seperti yang dijelaskan diatas, maka hasil penelitian tentang Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Qur’an Hadits sudah berjalan dengan baik. Akan tetapi tidak semua guru menerapkan Remedial Teaching dalam pembelajaran Qur’an Hadits yaitu pada kelas 12 yang belum sepenuhnya menggunakan KMB. Dan pada guru yang mengajar dikelas 10 dan 11 sudah mulai menerapkan Remedial Teaching. Melihat proses tersebut terus berjalan, maka secara umum pelaksanaan Remedial Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabayadapat dikategorikan berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, Departemen1992. Al-Qur’an dan terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 1991. Psikologi Belajar.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ali,Moh,. 1987. Penelitian Kependidikan dan Strategi. Bandung: Bumi Aksara,

Arikunto, Suharsimi,1993, Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineke Cipta

Ary, Donal et. Al. 1982. Pengantar Penelitian Pendidikan, Terjemahan Arif Furchan,Surabaya: Usaha Nasional

Burhanuddin, Dkk. 2003. Manajemen Pendidikan Analisis Subtantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan.. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi II. 1991Jakarta: Balai Pustaka, 1991

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. 1994. Jakarta: Depdikbud

Djamarah, Saiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. 1994. Surabaya: Usaha Nasional

Gagne, Robert M. Prinsip-prinsip Belajar, 1988. Surabaya: Usaha Nasional

Hadi, Sutrisno Metodologi Research I, 1989 Cet XXI, Yogyakarta: PT. Andi Offset, Yogyakarta

Hamalik, Oemar . 1983. Metoda Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Hamid, Hasan. 1986. Buku Materi Pokok Evaluasi Hasil Pengajaran IPS dan Pengajaran Remedial. Jakarta: Karunika

Ischac S.W. 1982. Program Remidial Dalam Proses Belajar-Mengajar.Yogyakarta: Penerbit Liberty

Mappa, Syamsu dan Baslem, Anisah. 1994. Teori Belajar Orang Dewasa. Jakarta: Depdikbud

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhaimin, dkk, 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media

Mulyadi, 2003. Dignosis dan Pemecahan Kesulitan Belajar. Malang: Shefa

Mulyasa,E. Manajemen Berbasis Sekolah. 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

N.K, Roestiyah. 1989. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: PT. Bina Aksara

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. 2002. Metodologi Penelitian,Jakarta: Bumi Aksara

Nasution, S. 1982. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung: Jemmars

Natawijdaya, Rochman. 1980. Pengajaran Remedial. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Remadja Karya

Slameto, 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Strauss, Anselm dkk 1997. Dasar-dasar Penelitian kualitatif. Terjemahan.. Djunaidi Ghony. Surabaya: PT. Bina Offset

Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodiq 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Usman, Moh. Uzer dan Setiawati, Lilis, 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar .Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Wijaya, Cece. 1996. Pendidikan Remedial, Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo

Yusuf, Nurhayati. 2004. Implementasi ProgramRemedial dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar PAI,Nizamia, 7

Additional Files

Published

2023-04-25

How to Cite

Misbakhus Surur. (2023). REMEDIAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS: Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Ar-Rosyid Surabaya. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 107–140. Retrieved from https://ejournal.staiarrosyid.ac.id/index.php/risda/article/view/121

Issue

Section

Articles