Manajemen Shalat Dhuha sebagai Motivasi Belajar

Authors

  • Nur Wahib STAI AR-ROSYID SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.59355/risda.v6i2.89

Keywords:

Manajemen, Sholat Dhuha, Motovasi Belajar

Abstract

Pendidikan Agama Islam dengan berbagai jalur, jenjang, dan bentuk yang ada sepertipada jalur pendidikan formal, Jalur Pendidikan Informal seperti pendidikan yang diselenggarakan didalam kelurarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan. Kesemuanya itu perlupengelolaan atau manajemen yang sebaik-baiknya,Pendidikan Islam yang hak itu akan hancur oleh kebathilan yangdikelola dan tersusun rapi yang berada di sekelilingnya, sebagaimana dikemukakan Ali bin AbiThalib :”kebenaran yang tidak terorganisir dengan rapi akan dihancurkan oleh kebathilan yangtersusun rapi”.

Pada zaman rosul,anjuran untuk sholat dhuha lebih di tekankan kepada umatnya,hal itu tercermin pada pembiasaan yang beliau lakukan setiap hari.Sehingga oleh umatnya dapat di jadikan petunjuk untuk mempermudah menjalani kehidupan di dunia seperti halnya di permudahkan rizki. Pembiasaan sholat dhuha yang di lakukan oleh mereka semakin hari semakin baik,hal itu terlihat mudahnya dalam menerima suatu pelajaran dan semakin hari akhlak mereka semakin sopan,tutur sapa yang sangat santun dan motivasi yang sangat baik di setiap harinya sehingga dalam menerima suatu pelajaran sangat tenang dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cholil, 1995, Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Dhuha, Shalat Hajat, Shalat Istikharah, Shalat Dhuha beserta Wirid Dzikir, dan Doa-doa pilihan, Surabaya, Ampel Suci.

Djumransjah, 2004, Pengantar Filsafat Pendidikan, Malang, Bayu Media Publishing.

Ghazali, Imam, 2008, Bertambah Kaya Lewat Shalat Dhuha, Surabaya, Mitra Press.

Hamalik, Oemar, 1992, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung, Sinar Baru.

______________, 2009, Psikologi Belajar & Mengajar, Bandung, Sinar Baru.

Jalaludin, 2001, Psikologi Agama, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2001.

----------------, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Guru, Tim, 2003, Pendidikan Agama Islam, Surabaya.

Didin Hafidudin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Prkatik, Gema Insani, Jakarta, 2003.

Mahdi bin Ibrahim, Amanah dalam Manajemen, Pustaka Al Kautsar, Jakarta, 1997

Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia, Rineka Cipta, 2004.

George R Terry, Prinsip-prinsip Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta, 200

Downloads

Published

2023-07-21

How to Cite

Wahib, N. . (2023). Manajemen Shalat Dhuha sebagai Motivasi Belajar. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 3(2), 170–181. https://doi.org/10.59355/risda.v6i2.89

Issue

Section

Articles