RELEVANSI ANTARA PENDIDIKAN ISLAM DALAM KANDUNGAN ISI KITAB ALALA TANALUL ILMA KARYA SYAIKH SALIM BIN SAID NABHAN DENGAN PENDIDIKAN MODERN
Keywords:
Kata Kunci : Relevansi, Pendidikan Islam, Kandungan Isi Kitab Alala Tanalul Ilma Karya Syaikh Salim bin Said Nabhan, Pendidikan Modern.Abstract
Penelitian kepustakaan dengan teknik dokumentasi dan dianalisis dengan metode induktif dan deskriptif analitik. Penelitian ini untuk menjawab pertanyaan bagaimana Relevansi dan faktor pendukung dan penghambat antara Pendidikan Islam dalam Kandungan Isi Kitab Alala Tanalul ilma dengan pendidikan modern. Sedangkan penelitian ini mempunyai tujuan yaitu : mengkaji dan menjelaskan konsep Pendidikan Islam dalam Kandungan Isi Kitab Alala Tanalul Ilma dengan pendidikan modern dan faktor pendukung dan penghambat antara pendidikan Islam dalam kandungan isi kitab Alala Tanalul Ilma dengan pendidikan modern.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa syarat-syarat menuntut ilmu dalam pendidikan Islam dengan pendidikan modern : (1) Sama-sama mengedepankan kecerdasan. Jadi, relevan dengan keduanya, (2) Sama-sama membutuhkan minat besar, Jadi, relevan dengan keduanya, (3) Kesabaran menjadi kunci bagi keberhasilan, Jadi, relevan dengan keduanya, (4) Sama-sama membutuhkan biaya, Jadi, relevan dengan keduanya, (5) Pendidik dibutuhkan sebagai pelaku utama pendidikan, Jadi, relevan dengan keduanya, (6) Sama-sama mengenal waktu lama, Jadi, relevan dengan keduanya.
Faktor Pendukung pendidikan Islam dengan pendidikan modern adalah: Orientasi ilmu pengetahuan, etos kerja tinggi, spiritual diri, fasilitas (fisik, non fisik), pelaku utama pendidikan, orientasi ke depan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Wahib, Siswoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.