Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Perhatian Belajar Siswa Kelas VI di MI AN Nahdhiyah Lontar Sambikerep Surabaya

Authors

  • Nur Wahib STAI AR-ROSYID SURABAYA
  • Misbakhus Surur STAI AR-ROSYID SURABAYA
  • Siswoyo STAI AR-ROSYID SURABAYA

Keywords:

Tindak Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Perhatian Belajar Siswa

Abstract

Pendidikan dalam kehidupan suatu bangsa mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan bangsa yang bersangkutan. Di Indonesia setiap warganya diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk memperoleh pendidikan pada tahap-tahap atau jenjang pendidikan yang ada tanpa adanya diskriminasi, sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada baik dalam Undang-Undang Dasar 1945 Maupun Undang-Undang Dasar Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.
Orang tua akan sangat mewarnai anak-anaknya dalam masalah pendidikannya. Dari rendahnya taraf pendidikan orang tua yang mengakibatkan mengurangi kesadaran orang tua terhadap masalah pendidikan anak-anaknya, akan sangat mempengeruhi terhadap prestasi belajar mereka disekolah, karena ada kebutuhan anak dalam melaksanakan tugas belajarnya yang tidak dapat terpenuhi baik kebutuhan material maupun spiritualnya.
Orang tua yang berpendidikan rendah diasumsikan kurang dapat memberikan perhatian dan tidak dapat memberikan bantuan kepada anaknya dalam hal yang berhubungan dengan masalah pendidikan/belajarnya dan berakibat prestasi belajarnya rendah. Dan sebaliknya.
Permasalahan: 1. Bagaimana tingkat pendidikan orang tua siswa. 2. Bagaimana bentuk perhatian orang tua siswa. 3. Bagaimanakah korelasi dan hubungan tingkat pendidikan orang tua terhadap perhatian belajar siswa.
Metodologi: Populasi penelitian skripsi ini adalah seluruh siswa kelas VI MI An Nahdhiyah Lontar Kecamatan sambikerep Surabaya dan sebanyak 40 siswa.yang memiliki kemampuan lebih. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. (metode utama) dan metode angket,observasi,interviu, (sebagai pelengkap). Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus Chi Kwadrat ( ).
Hasil Penelitian: berdasarkan perhitungan korelasi Chi Kwadarat dapat disimpulkan bahwa hipotesa yang berbunyi “ Ada” Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Perhatian Belajar Siswa Kelas VI MI An Nahdhiyah Lontar Kecamatan Sambikerep Surabaya, “Diterima” dan sebaliknya Hipotesa Nihil “Ditolak” juga setelah di interprestasikan dengan r antara 0,400-0,600 disimpulkan mempunyai korelasi “Agak rendah”

Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama dan komunikasi yang baik antara tiga pusat pendidikan yaitu: Orang Tua, Sekolah dan Masyarakat, sehingga peningkatan kwalitas pendidikan anak akan dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-16

How to Cite

Nur Wahib, Misbakhus Surur, & Siswoyo. (2024). Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Perhatian Belajar Siswa Kelas VI di MI AN Nahdhiyah Lontar Sambikerep Surabaya. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 10(2). Retrieved from https://ejournal.staiarrosyid.ac.id/index.php/risda/article/view/203